Latest News
Monday, 9 February 2015

Masih Ingat Permainan Tradisional Masa Kecil?

Seiring berkembangnya zaman, permainan anak mulai mengalami perubahan yang sangat pesat. Dari permainan yang ada di Gadget, selanjutnya permainan yang ada di warnet seperti Game Online.

Kalau dulu, pada tahun 1994-2000an kita masi bisa menemukan dimana saja permainan tradisional. Permainan tradisional ini tidak perlu mengeluarkan biaya, hanya memerlukan benda benda yang ada disekitar saja. Apa saja sih permainan tradisional tersebut? Nah, kita akan ulas sebagai berikut
  1. Permainan Petak Umpet 
Permainan ini adalah permainan yang membutuh beberapa pemain, bisa dilakukan bersama 3 orang atau lebih. Untuk cara bermainnya sendiri, akan ada seorang yang sebagai pencari (yang jaga), lalu untuk pemain lainnya bersembunyi agar tidak di temui sang pencari. Permainan ini sangat asik jika dimainkan beramai ramai dan tanpa biaya.
  1. Permainan patuk lele 
Permainan ini adalah permainan yang membutuhkan 2 team. Team terdiri dari beberapa orang, bisa 3 atau lebih. Permainan ini membutuhkan 2 tongkat kayu. Cara mainnya, kita menyongket satu tongkat kayu tersebut. Lalu team lain bertugas menangkapnya. Jika tidak tertangkap akan mendapat skor sesuai aturan yang dibuat.
  1. Permainan Kelereng
Permainan ini adalah permainan yang membutuhkan kelereng (guli). Nah untuk      permainnya sendiri boleh lebih dari 2 orang. Untuk cara mainnya tergantung. Ada yang disebut maen bom, maen kir, maen buru dan lain lain.
  1. Permainan bola bengek
Permainan ini adalah permainan yang membutuhkan bola kecil. Disini kita dibagi menjadi 2 team. Masing masing team terdiri dari 3 orang atau lebih. Cara bermainnya, bagi yang jaga, bola harus bisa kena ke pemain lain.
  1. Permainan Engkelek 
Permainan ini adalah permainan yang bisa dilakukan oleh 2 orang atau lebih. Untuk cara bermainnya, kita harus membuat gambar petak petak, bisa beragam jenisnya.
  1. Permainan alip Jongkok 
Permainan ini adalah permainan yang bisa dilakukan oleh 3 orang atau lebih. Untuk cara bermainnya, akan ada seorang sebagai pengejar yang akan mengejar yang lain. Dengan jongkok berarti mereka menyerah.
  1. Permainan Polisi-Polisian
Permainan ini adalah permainan yang membutuhkan 2 team. Ada yang sebagai polisi, dan ada yang sebagai penjahat. Untuk cara bermainnya, penjahat akan dibiarkan untuk lari dan bersembunyi dulu, lalu sebagai polisi harus mencari.
Itulah sebagian permainan tradisional dulu, mungkin masih banyak lagi yang belum dituliskan. Apakah permainan di atas pernah anda lakukan dulu?

Tapi sekarang permainan tradisional di atas hanya dapat kita temui di desa-desa. Karena untuk daerah kota sendiri, anak-anak lebih tertarik dengan namanya Game Online yang ada di warnet. Padahal permainan di warnet tersebut tidak mengeluarkan sedikit biaya dan efek lupa akan waktu.

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Masih Ingat Permainan Tradisional Masa Kecil? Rating: 5 Reviewed By: Cuma Medan