Latest News
Wednesday, 22 April 2015

Wanita Bisa Galau Karena Pil KB


Cumamedannews.com - Pil kontrasepsi (KB) memiliki efek yang berbeda pada setiap orang. Perubahan suasana hati, sakit kepala dan mual adalah efek ringan dari pil ini, sedangkan komplikasi yang lebih serius, termasuk pembekuan darah dan kanker payudara.

Tetapi, para ilmuwan di California baru-baru ini juga menambahkan efek lain dari pil KB yang perlu diperhatikan. Studi terbaru mereka menemukan bahwa kontrasepsi oral dapat memperkecil dua daerah kunci dari otak, dan mengubah cara mereka berfungsi.

Temuan tersebut menunjukkan bahwa hormon sintetis yang ditemukan dalam pil KB bisa menyebabkan perubahan dalam struktur dan fungsi otak.

Dilansir merdeka.com, ahli saraf di UCLA telah meneliti otak 90 wanita, 44 di antaranya mengambil pil KB, dan sisanya (46) tidak. Para ahli menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi pil KB memiliki korteks orbitofrontal lateral dan korteks posterior cigulate lebih kecil. Perubahan itu membuat wanita lebih mudah cemas dan depresi.

Nicole Petersen, penulis utama studi tersebut, mengatakan kepada The Huffington Post: "Beberapa wanita mengalami efek samping emosional yang negatif dari pil kontrasepsi oral."
(FokusMedan/Merdeka.com)

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Wanita Bisa Galau Karena Pil KB Rating: 5 Reviewed By: Cuma Medan