Latest News
Sunday, 11 October 2015

Usaha Batik Gorga Batak


CumaBisnis - Batik yang menjadi khas milik Indonesia kini telah berkembang dengan beragam motif. Seperti pengrajin kain Batik yang beroperasi Di Jalan Letda Sujono Gg.Alhalim Kiri No.1 Medan. Model yang diberikan adalah Motif yang khas asal Sumatera Utara yakni ukiran-ukiran dari berbagai jenis dari suku batak yang mempunyai arti masing-masing.

"pada awalnya di tahun 2008 lalu, saya mulai mengikuti pelatihan untuk membatik. Karena saya ketekun dalam mempelajari cara membatik saat itu. saya  dapat memulai usaha batiknya pada tahun 2009," ujar Bu Nur Sebagai pemilik usaha batik motif batak
Yang membedakan jenis batik motif khas sumatera utara ini adalah bentuk goresan dari canting yang tidak berbentuk bintik. canting yang mengukir kain berupa garis yang terus tersambung di atas media kain. "dalam menjalankan dan memperkenalkan batik motif batak ini, saya sering ikut seperti pameran pameran gitu, kadang juga di kampus-kampus," ungkapnya.
Usaha yang digelutinya saat ini juga ditemani oleh anak dan menantunya. Tujuan dari pembentukan usahanya ini diantaranya untuk mempermudah dalam menggandakan ukiran yang ada pada bangunan-bangunan adat yang terdapat ukiran gorga batak ke dalam media kain dengan cara membatiknya. 
Menurutnya usaha ini juga akan menjadi media untuk mempertahankan budaya suku batak, karena melihat ukiran-ukiran sudah mulai hilang pada bangunan-bangunan adat mengikuti perkembangan zaman juga membantu dalam membuka lapangan pekerjaan baru.

Dalam pengerjaannya, Batik ini menggunakan tekhnik Tulis dan Cap. Di sana juga menerima pelatihan bagi siapapun yang ingin belajar membatik. (cumamedan/my)

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Usaha Batik Gorga Batak Rating: 5 Reviewed By: Cuma Medan