Latest News
Sunday, 11 October 2015

Intensitas Hujan Di Sumatera Utara Meningkat Karena Efek El Nino

CumaMedan - Musim hujan telah memasuki daerah Sumatera Utara menjelang awal agustus. Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan suhu di Kota Medan saat ini mencapai 33 hingga 34 derajat Celsius dengan intensitas curah hujan ringan hingga sedang.

“Untuk suhu di Kota Medan saat musim hujan, untuk hari ini mencapai 33 hingga 34 derajat Celsius dengan maksimal suhu 35 derajat Celsius dan intensitas curah hujan ringan hingga sedang,” ujar Staf Pelayanan Jasa Balai Besar BMKG Wilayah 1 Medan, Lestari Irene Purba.

Ia menjelaskan, musim hujan yang memasuki daerah Sumatera Utara dikarenakan efek dari El Nino, yang membuat suhu permukaan laut tinggi sehingga meningkatkan intensitas hujan.

“ Peluang hujan bisa terjadi di sore atau malam hari, tergantung dari pola angin yang dari tenggara masuk ke barat daya bersifat tidak menyebar tapi menyatu, sehingga membentuk awan,” ungkapnya.

“Puncak musim hujan yang melanda di Sumatera Utara diperkirakan ada di bulan Oktober dan November,” tambahnya. (cumamedan/my)

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Intensitas Hujan Di Sumatera Utara Meningkat Karena Efek El Nino Rating: 5 Reviewed By: Cuma Medan