Latest News
Wednesday, 7 October 2015

Di Balik Layar, Program Acara SMtv Talk Show Ngusik Bareng Bella

Dunia perkampusan memang begitu banyak cerita yang menggoda, dari hal yang penting sampai yang gak penting pun diceritakan. Yah, ini lah masa-masa di mana seseorang pengen balik lagi ke masa SMAnya (banyakan sih gitu). 

Hmm... kali ini, aku mau berbagi pengalaman mengenai membuat program acara talk show televisi. Ini merupakan tugas dari mata kuliah broadcasting, dan sebagai pembina adalah kak Putri (Dosen). Dari serangkaian tugas sebelumnya, yakni membuat liputan langsung kelapangan (Hardnews dan Softnews), melakukan live report dan presenting, selanjutnya masuk ke tugas akhir membuat program acara talk show. Rasanya memang sangat menantang, apalagi aku bersama tim memang baru pertama kali membuat program acara seperti ini dan yang diperlukan menurut ku adalah sebuah kerja sama tim.
 
Sebelum acara, kita mendapat waktu selama hampir satu bulan dalam melakukan persiapan. Pertama, kita lakukan rapat bersama seluruh tim, di mana kita membagi penugasan dalam tim, berikut susunannya,
    • Producer                               : Mhd. May Fazri (aku sendiri)
    • Program Director                   : Kartika Ayu
    • Koordinator Tim Kreatif         : M. Fadli
    • Tim Kreatif                            : Raisa, Theo, Joko
    • Floor Director                       : Ardy, Listya
    • Koordinator Talent                : Uzi, Deni
    • Kameramen                          : Fitrah, Rizki, Vicky, Agus
    • Wardrobe                             : Fetty, Heru
    • Host                                     : Bella Destalia
    • Co-Host                               : Adhuha
    • Editor                                   : Jaffar dan Aga
Setelah melakukan pembagian tim, kita menentukan nama acara (Ngusik “Ngobrol Unik Dan Asik” Bareng Bella), susunan acara, perlengkapan yang dibutuhkan, pendanaan, sponsor dan narasumber yang akan mengisi acara yang kami buat. 

Aku menjadi produser bertugas mempersiapkan rapat bersama tim, untuk menentukan konsep acara, selanjutnya mempersiapkan name tag, proposal kepada sponsor, membuat susunan acara, membuat piagam penghargaan untuk narasumber, dan promo acara.

Beberapa sponsor yang mendukung acara di antaranya adalah STIK-P, TMD House, Waspada, Waspada Online, Cumamedan, Ichishop dan operator XL (XL hadir di saat program acara berlangsung).

Sebelum pelaksanaan acara, kita sedikit menemukan kendala, di mana mengurus tim agar tetap bisa solid dalam mengerjakan program acara ini, kadang juga perlu dilakukan penegasan agar bisa lebih serius dalam menjalankan program.

Tibalah saat dimana program acara talk show akan berlangsung. Satu hari sebelum pelaksanaan, tim mempersiapkan dekorasi tempat. Dari penjemputan kursi dan meja dari tempat Bella, lalu meminjam mobil pikupnya bang Ebo dan mencetak spanduk acara dan sponsor. Saat pagi sebelum acara, kita langsung melanjutkan dekorasi tempat.

Ini adalah saat-saat yang menegangkan, di mana tiga jam sebelum acara dimulai, narasumber pertama yakni kak Marini Sayuti (Reporter Metro Tv) tidak dapat hadir dikarenakan liputan ke Sinabung. Beberapa saat kami sempat putus harapan, kami terus berfikir untuk mencari penggantinnya. Dan akhirnya kami menemukan jalan keluar, dengan mengundang  narasumber baru yakni Brenda Iskarina (Penyiar Radio MostFM). 

Tidak hanya itu, kita juga harus tepat momen karena posisi kamera saat itu low battery sehingga kameramen harus tetap stanby menggunakan kamera secara bergantian.

Keseruan terjadi dalam acara ini, dari pembahasan pembahasan tentang pemuda-pemudi Kota Medan yang sangat bersinerji dalam mengembangkan usaha oleh Irfan Deriza ( Pengusaha Pakaian Online “LikeMySelf”) dan berbagi pengalaman sebagai penyiar oleh Brenda Iskarina (Penyiar Radio MostFM). 

Sebagai host serta co-host, Bella dan Duha terlihat sangat menikmati acara yang mereka bawakan. Dengan percakapan serius dan candaan dari keduanya, keseruan suasana pada acara ini dapat hidup. Peran dari seluruh tim yang bertugas juga sangat berpengaruh dalam suksesnya pelaksanaan acara ini, dari tugas Program Director  yang mengatur jalannya acara, Floor Director yang mengatur penonton dan tugas tim lainnya.

Tidak hanya itu, penonton juga diajak untuk berpartisipasi, di mana kami dari pihak penyelanggara, membuat kuis dari dana ataupun produk dari sponsor. Kuis yang kami laksanakan ada yang off air, dan kuis via twitter @Ngusik_SMTV. (pokoknya udah betul kayak acara TV yang sebenarnya)

Dari pengalaman tersebut kami belajar sesuatu, dalam sebuah acara kita harus bisa mempersiapkan segala hal yang mungkin saja bisa terjadi. Jadi kita harus mempunya banyak planning dan berfikir secara tenang dan kreatif, agar acara yang kita buat bisa tetap berlangsung.

Walaupun pada hasil gambar terjadi berbagai kesalahan, namun dalam pelaksanaanya kami cukup puas. Apalagi menjadi pengalaman awal kami dalam membuat program acara televisi, inikan menjadi bahan perbaikan dan evaluasi kelak kami yang memang akan terjun dalam membuat sebuah program acara talk show televisi (AMIN).

Terimakasih untuk seluruh tim yang terlibat dalam pelaksanaan program acara talk show Ngusik “Ngobrol Unik Dan Asik” Bareng Bella di channel SMtv, dari hasil matakuliah broadcasting ini, seluruh tim yang tergabung mendapat nilai A. 

Tidak hanya itu, kami turut mengucapkan terimakasih kepada Dosen Broadcasting, Kak Putri yang telah mengajarkan kami untuk terus belajar dan mengigatkan dalam pekerjaan di dunia broadcasting diperlukan kerjasama tim yang solid.

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Di Balik Layar, Program Acara SMtv Talk Show Ngusik Bareng Bella Rating: 5 Reviewed By: Cuma Medan