Latest News
Sunday, 11 October 2015

Tips Terhindar Dari Rasa Mengantuk

CumaTips - Mengantuk merupakan hal biasa yang dialami selama menjalankan ibadah Puasa. Rasa mengantuk ini terkadang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama pada kegiatan bekerja, belajar di sekolah atau kampus dan lainnya. Rasa mengantuk dapat menurunkan konsentrasi kita pada saat belajar.
Berikut beberapa tips untuk mengurangi ataupun menghilangkan rasa ngantuk selama bulan puasa

1. Tidur yang cukup
Usahakan agar porsi tidur kamu selalu dalam jumlah yang cukup saat kamu sedang berpuasa. Usahakan tidur minimal selama 5 jam setiap harinya. Untuk menyiasati hal ini, ada baiknya kamu segera beristirahat atau tidur selepas selesai sholat tarawih. Dengan demikian, kamu akan memiliki waktu yang cukup untuk tidur sebelum bangun kembali untuk melakukan makan sahur.

2. Hindari aktivitas berat
Hindari aktivitas berlebihan atau aktivitas yang terlalu berat, karena dapat menyebabkan terjadinya kelelahan tubuh.

3. Asupan makanan seimbang
Asupan makanan dengan gizi seimbang secara ilmiah terbukti dapat membantu tubuh agar dapat beraktivitas secara optimal. Oleh karena itu, penting buat kamu untuk mengkonsumsi makanan dengan jumlah seimbang dan bergizi tinggi untuk mencegah munculnya rasa mengantuk pada saat kamu beraktivitas di siang hari selama puasa.

Saat berbuka puasa. usahakanlah untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan sebagainya, agar tubuh kamu bisa tetap dalam kondisi yang prima.

4. Jangan tidur setelah sholat subuh
Bagi sebagian orang, tidur setelah makan sahur dan sholat subuh adalah hal yang wajar. Namun ada baiknya kamu menghindari kebiasaan tidur setelah sahur dan sholat subuh, karena pada saat kamu makan sahur, tubuh sudah memulai proses metabolisme secara maksimal.

Saat kamu tertidur lagi, proses metabolisme tubuh akan menurun intensitasnya. Dalam kondisi seperti ini, tubuh kamu akan menjadi sulit untuk mencapai metabolisme yang maksimal setelah kamu terbangun untuk kedua kalinya.

5. Tidur siang
Jika memungkinkan, lakukanlah tidur siang selama 30 – 45 menit saat kamu berpuasa. Tujuannya agar tubuh bisa mendapatkan waktu istirahat tambahan di siang hari. Jangan tidur siang terlalu lama, karena bisa mengurangi pahala puasa.

Demikian Tips kali ini, semoga bermanfaat buat kalian yang sedang menjalankan ibadah puasa.

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Tips Terhindar Dari Rasa Mengantuk Rating: 5 Reviewed By: Cuma Medan