Latest News
Thursday, 26 November 2015

5 Tahap Dasar Mengenal Google AdSense

Oleh: Mhd. May Fazri

Pernah dengar yang namanya google adsanse? Atau kamu memang baru dengar setelah baca blog ini? Atau juga memang sudah memilikinya dan sedang proses pengembangan? Nah, itu semua gak jadi masalah. Toh, aku juga tetap akan berbagi cerita tentang pengalaman ku, dari mendapatkan google adsense, di banned google adsense, sampai bisa dapat mengikuti google adsense kembali.
Jika kamu merasa artikel di blog ini tidak penting, diharapkan kamu bisa berhenti membaca sampai di sini saja, karena ini adalah cerita yang sangat real dialami langsung oleh penulis.

Makin penasaran ya? Ok, pertama-tama sebelumnya menjawab pertanyaan berikut, agar sesuai dengan tahap pengenalan mengenai google adsense. Berikut pertanyaannya,
  • apakah kalian sudah memiliki sebuah blog? (untuk newbie)
  • apakah kalian sudah lama daftar ke google adsense namun belum diterima? (untuk semi blogger)
  • apakah kalian bingung cara mendapatkan pengehasilan setelah bergabung dengan google adsense? (untuk junior blogger)
  • apakah kalian melanggar peraturan google adsense lalu di banned karena ingin cepat mendapat pengahasilan dengan cepat? (untuk senior blogger)
  • apakah kalian pernah berpikir untuk bergabung kembali dengan google adsense dan berhasil? (untuk pro blogger)
dari tahap-tahap pertanyaan di atas, diketahui terjadi beberapa masalah yang akan timbul, sebelum dan sesudah kalian bergabung di google adsense. Jadi, aku akan mulai menjelaskan dari tahap awal, 
 

Newbie Blogger

pada awalnya, seseorang yang suka menulis akan mencari tempat untuk menuangkan isi hatinya. Sebelum adanya teknologi seperti sekarang, pasti kalian mengenal buku diary kan? Nah, seiring perkembangan zaman buku diary ditinggalkan oleh penulisnya masing masing, karena teknologi baru yang mendukung, seperti munculnya blog. 

Terdapat beberapa layanan dalam membuat blog, seperti Blogger dan WordPress. Namun itu semua tergantung pilihan kalian masing-masing.

Kenapa seseorang memilih pindah menulis ke sebuah blog? Menurutku jawabannya, karena ingin tulisan yang kita buat bisa dibaca orang, ingin terlihat eksis seperti blognya bg Radityadika, Poconggg, BenaKribo dan lainya. Selanjutnya ingin belajar menulis, ingin berbisnis, dan satu lagi, ngeblog bisa mendapatkan uang dari google adsense. (jawaban menurut pengalaman pribadi penulis)
 
Jika kalian berpikiran seperti aku, berarti saat itu memang kalian masih newbie. 
 

Semi Blogger

Masuk ke lingkup baru, di mana kalian sudah menyadari. Bahwa tulisan-tulisan kalian akan kalian re-write kembali. Karena pastinya tulisan-tulisan tersebut berisi curhatan pribadi, yang mungkin tidak pernah dibaca oleh orang. Kalian mulai sadar, jika tulisan yang ingin diperhatikan seseorang memang sulit. Namun ada tipsnya, kadang kita perlu memperlihatkan tulisan kita ke orang terdekat kita dulu, setidaknyakan ada yang membaca.

Kadang perlu diketahui, untuk membuat curhatan diharapkan tidak terlalu berlebihan, dan intim. Buat lah batas privasi mu, jangan terlalu membeberkan siapa dan masalah mu. Karena untuk tujuan bergabung ke google adsense diperlukan artikel-artikel unik seperti, Tips, Review Makanan, Review Buku, Informasi Pengalaman Kamu, dan No Sex No SARA.

Untuk bergabung bersama google adsense, diperlukan usia blog yang sudah mencapai 3 bulan saja, gunakan template yang responsive, artikel di blog kamu sudah mencapai 20 dan total viewers mencapai 2000. Setelah syarat tadi terpenuhi, cobalah untuk mendaftarkan diri ke google adsense. (jika ingin lebih cepat, kamu beli domain “.com” terserah kamu mau pesan di mana kalau aku di Qwords, dan kamu bisa cek di benablog cara lengkapnya)

Oh iya, ini cukup penting, sebagai pemula kalian harus bisa bersabar, karena mendaftar adsense tidak bisa dengan waktu yang singkat. Kalian harus menunggu selama seminggu paling lama. Karena akan dilakukan tahap review kelayakan blog kalian untuk bergabung. 

Kamu bisa cek tahap pendaftaran adsense di halaman resminya.
 

Junior Blogger

Selamat ya... kamu sudah bergabung di google adsense, pasti kamu seneng banget ya. Usaha kamu akhirnya tidak sia-sia. Nah, sekarang udah berapa hari kamu sudah tergabung bersama google adsense. Loh, belum dapat penghasilan juga ya? Loh, dolarnya kok ga naik-naik sih. Apa yang salah ya?

Pernah kah kamu kepikiran untuk mengklik sendiri google adsensenya? Nah jika kamu maen dilaptop pribadi pastinya akan berakibat fatal. Karena sekali klik saja dengan area yang udah di lock google adsense. Maka kita langsung di blog.

Jadi gimana dong? Kalau aku mencetnya di warnet-warnet yang berbeda gimana? Nah, kalau itu sih bisa saja, namun jangan terlalu berlebihan. Sesuaikan dengan viewers kamu, karena google adsense akan selalu melacak di mana terjadinya klik tersebut. jadi ga terlalu aman juga.

Udah, bergabung di google adsense seharusnya membuat kamu termotivasi untuk menulis dan menulis sesuatu yang unik dan diminati banyak orang. Jadi dengan begitu membuat viewers di blog kamu meningkat. Jangan semata-mata karena google adsense menjadikan kamu gelap mata, sehingga ingin mendapat kan untung dengan usaha yang singkat dan curang.
 

Senior Blogger

Nah, masih bandel juga kan, kenak banned kan sama google adsense. Dah dibilangi google pastinya sudah menerka-nerka apa saja kecurangan yang pastinya akan terjadi. Kan sudah di ingatkan, jangan curang. Di warnet pun kamu mengkliknya ya pastinya kenak juga lah, kalau teralalu nafsu.
Kalau udah gini kan pasti nyalahin pihak google adsense. Katanya sih google adsense yang salah, yang nge banned secara brutal lah, padahal memang salah karena pribadi sendiri. 

Ada sih bagian tempat banding untuk mengembalikan akun google adsense kita, namun itu semua juga percuma kalau memang kita benar-benar salah. Nah, kalau udah begini kamu harus bisa ikhlas dan berpikir bahwa kamu tidak akan mengulangi kesalahan yang kamu buat. Ingatlah, rezeki hanya untuk orang-orang yang ingin berusaha dan berdoa.
 

Pro Blogger

Wah, kamu memang blogger sejati, tidak menyerah dengan apa yang terjadi. Aku harap sih kali ini kamu ga bakal ngulangi kesalahan yang sama ya. 

Oh iya, karena kamu sudah banyak belajar dari kesalahan, pastinya kamu ingin sekali bergabung kembali dengan google adsense. Ada beberapa cara yang aku tahu cara bergabung kembali di google adsense.

Kamu daftar kembali ke google adsense dengan email yang baru, gunakanlah identitas yang sama seperti di akun google adsense kamu yang lama. Maka hasilnya, akun google adsense mu akan aktif kembali dalam 1 hari saja. (tapi ingat seletelah tiga hari akan di banned kembali)

Kamu daftar kembali, pindahkan artikel-artikel dari blog lama yang di banned, lalu atur semua sesuai persyaratan yang ditentukan google adsense. Setelah syarat terpenuhi, daftar kembali dengan alamat email dan identitas yang baru (gunakan identitas orang tua, adik, teman dan lainnya). Hal  ini akan berhasil seperti awal kamu bergabung di google adsense.

Nah, udah tahu kan sekarang bagaimana mengelolah google adsense? Pokoknya jangan coba-coba untuk melakukan kecurangan. Yang normal-normal aja, buatlah tulisan ataupun artikel yang membuat orang tertarik. Sehingga banyak yang berkunjung ke blog kita.

Semoga bermanfaat ya...

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: 5 Tahap Dasar Mengenal Google AdSense Rating: 5 Reviewed By: Cuma Medan