Latest News
Tuesday, 5 January 2016

Informasi Solusi BUNDA SEHAT Bersama SMSBunda

CumaMedan - SMSbunda merupakan salah satu media yang efektif bagi ibu/keluarga untuk mendapatkan informasi seputar kehamilan, tanda bahaya, persiapan persalinan, pengingat jadwal pemeriksaan ibu hamil, nifas, dan imunisasi bayi serta perawatan anak sampai anak mencapai usia 2 tahun melalui SMS, langsung ke telepon genggamnya secara teratur yang akan diterima oleh ibu/ayah/nenek setelah melakukan registrasi dengan mengirimkan tanggal perkiraan bersalin (bagi ibu hamil) atau tanggal bersalin (bagi ibu dengan anak dibawah dua tahun) ke nomor khusus, kapan saja selama masa hamil atau nifas. Isi pesan yang diterima oleh ibu/pengguna layanan ini mengacu kepada berbagai pedoman di Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes).
 
 
Untuk Sumatera Utara sendiri, SMSbunda hadir di 5 Kabupaten. Deli Serdang, Langkat, Asahan, Labuhan Batu, dan Mandailing Natal. Kabupaten ini dipilih karena kabupaten yang paling tinggi angka kematian ibu hamil/bayinya. 
 
Dhea Karlina, Project Coordinator SMSbunda untuk Sumatera Utara mengatakan bahwa, SMSbunda hadir sebagai layanan pemberi informasi terkait ibu hamil/bayi sampai berumur 2 tahun. “Layanan ini layaknya pembelajaran bagi ibu agar ibu mengetahui informasi-informasi terkait dengan kehamilan. Langkah ini bertujuan untuk mengurangi angka kematian ibu,” ujar Dhea.
 
Dhea juga mengatakan bahwa mengapa harus dengan SMS. Ia mengatakan bahwa berdasarkan data, sebanyak 300 juta HP yang beredar di Indonesia, melebihi jumlah manusia di Indonesia. Dari situlah awalnya dibuat layanan SMSbunda. “Manusia di Indonesia saat ini bersahabat dengan ponsel. Masyarakat kotanya dengan smartphone, dan kebanyakan masyarakat desa dengan ponsel biasa. Dari strategi itu, kita bisa memberi mereka pengetahuan.”
 
Tim SMSbunda menargetkan 30.000 register di 5 kabupaten tersebut. Target ini sesuai dengan data yang ada. Selain mencari ibu hamil yang akan didaftarkan, SMSbunda juga menggunakan strategi Branding. Dhea mengatakan strategi branding ini dilakukan untuk mempromosikan SMSbunda selain dari 5 kabupaten ini. “Branding yang kita lakukan adalah dengan membuat video kreatif, talkshow di radio, promosi melalui sosial media, dan terakhir di media massa”, terang Dhea.
 
Dhea berharap layanan ini semakin tersebar di Sumatera Utara. tim SMSbunda sudah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara untuk mempromosikan SMSbunda. “Ini langkah awal kita dengan bekerjasama dengan dinas, mudah-mudahan kita bisa bersinergi agar kematian ibu hamil/bayi bisa berkurang sebanyak-banyaknya”, ucap Dhea.
 
08118 649 648. sebelas digit nomor layanan tepat untuk bunda sehat. Layanan tersebut adalah program SMSbunda, yang kini hadir di Sumatera Utara. (rls)

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Informasi Solusi BUNDA SEHAT Bersama SMSBunda Rating: 5 Reviewed By: Cuma Medan