Latest News
Monday, 13 June 2016

Percaya Landasan Dalam Hubungan

Apa arti semua keunggulan, tanpa kepercayaan? hanya sia-sia.
Seperti tidur dengan ular berbisa, itu yang kita rasakan saat hidup dengan seseorang yang tidak kita percayai. Rasanya tidak nyaman, gelisah karena muncul banyak kekuatiran. Apa yang dilakukan menjadi serba salah.
Foto: From Google (illustrasi)
Begitu pentingnya kepercayaan dalam sebuah hubungan. Kepercayaan adalah suatu hal yang tidak bisa ditawar dan dinegoisasi. Kepercayaan adalah harga mati.
Apa jadinya, ketika sebuah hubungan tidak didasari dengan rasa saling percaya? Banyak jawabannya, bisa cemburu, curiga, atau bahkan posesif. Maka kepercayaan menjadi mutlak adanya dalam menjalin sebuah hubungan. Rasa saling percaya dapat menghilangkan hal-hal buruk yang dapat merusak hubungan. Membuat hubungan kita dengan pasangan menjadi lebih harmonis. Selama tidak adanya rasa saling percaya, sebuah hubungan akan sangat rentan terhadap godaan.
Jika kamu berpikir susah untuk percaya kepada pasangan, mungkin karena pikiran kamu terlalu insecure, yaitu dipenuhi khayalan-khayalan konyol. Sederhananya, kamu tidak dapat mempercainya, tapi anehnya kamu ingin berpacaran dengannya.
Jika kamu ingin tahu bagaimana membangun kepercayaan dalam suatu hubungan, belajarlah untuk jujur dengan pasangan kamu. Pasangan adalah kekasih kamu, mereka seharusnya menjadi teman terbaik kamu. Orang yang mengenal kamu dan memahami dirimu lebih baik dari orang lain.
Ada tiga langkah untuk membangun kepercayaan dalam suatu hubungan:
1.      Biasakan mulai dari hal-hal kecil
Kamu harus mulai membiasakan diri untuk percaya pada pasangan dimulai dari hal-hal kecil, seperti tidak melarang dia untuk pergi dengan siapapun. Percayalah bahwa dia tidak akan berbohong kepadamu. Bila tidak bisa, carilah pasangan lain yang bisa kamu percayai.
2.      Ubah Pola Pikir
Menjadi pasangan yang dapat mengubah pola pikirnya adalah salah satu faktor terbesar dalam membangun kepercayaan untuk suatu hubungan. Jika kamu memang bernilai dan pantas untuk dicintai, maka seharusnya kamu percaya bahwa dia tidak akan selingkuh. Kamu pastinya menginginkan hubungan yang seperti taman bunga, bukan penjara. Tidak ada hubungan langgeng yang dibangun di atas ketakutan.
3.      Bicarakan semua hal dengan jujur
Ini tampak canggung dan aneh jika dibicarakan ke pasangan, tapi ini adalah salah satu faktor terbesar dalam membangun kepercayaan dalam suatu hubungan.
       Salah satu ketidakamanan terbesar dalam suatu hubungan adalah menyukai orang lain secara diam-diam. Tapi, jika kamu bicara yang sebenarnya, mengakui bahwa kamu tertarik dengan orang lain, itu adalah tindakan benar. Dengan jujur tentang hal itu, kamu dapat membangun kepercayaan dalam hubungan dan meningkatkan komunikasi juga.
      Berkomunikasi tentang apa yang kamu rasakan dan kamu alami itu salah satu cara membangun kepercayaan  dalam hubungan. Jika komunikasi dalam suatu hubungan kurang, maka dapat membuat sebuah hubungan menjadi tidak aman dan selalu curiga.

(oleh: KA)

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Percaya Landasan Dalam Hubungan Rating: 5 Reviewed By: Cuma Medan