Latest News
Tuesday, 1 March 2016

Keluarga Pondasi Kreativitas Anak

Selain lomba kolase untuk mengasah kreativitas anak, kegiatan PEKAN YAFSI diisi dengan seminar Parenting Skill dengan tema Tips Mendidik Anak Kreativ dengan narasumber Misran Lubis Direktur Eksekutif Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) di Aula Makam Pahlawan Medan, Selasa (27/2).
Foto: Lugas
Seminar ini ditujukan untuk para orang tua serta guru selaku pendidik yang berperan aktif dalam tumbuh kembang anak. Tujuannya untuk menambah wawasan dan pemahaman orang tua bahwa pentingnya  pendidikan kreativ sejak dini. Karena keluarga adalah basic tumbuh kembangnya anak dan keluarga merupakan institusi paling aman dan menyenangkan bagi anak. 
Misran Lubis mengatakan “Keluarga merupakan dasar pendidikan bagi anak menjadi kreativ dengan cara, tidak membatasi ruang gerak si anak, memberikan arahan yang logis, sabar dan tekun mengajarinya, menasihatinya degan penuh kasih sayang, mengajarkan permainan yang kreatif, mengajaknya liburan.”
Dalam seminar tersebut Misran mengatakan bahwa peran keluarga sangat penting terutama dalam mendukung emosional anak, dukungan atas informasi yang didapatkan oleh anak agar mereka memahami dunianya, situasi-situasi dan pengalaman hidupnya.
Keluarga menjadi tempat aman dan menyenangkan bagi anak, karena peran keluarga yang hilang akan digantikan oleh peran orang lain atau media lain atau sama dengan menjauhkan anak dari keluarganya. Jangan lakukan kekerasan kepada anak, karena kekerasan dalam keluarga akan diwarisi oleh anak-anak. Keluarga yang tidak terbuka dan peka terhadap masalah anak akan mengakibatkan kurangnya rasa percaya dan tumbuhnya rasa ketakutan.
“Bukan berapa banyak waktu tetapi kualitas waktu bersama keluarga” Tutup Misran Lubis. (cumamedan/KA)

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Keluarga Pondasi Kreativitas Anak Rating: 5 Reviewed By: Cuma Medan