Latest News
Friday, 6 May 2016

Bagaimana cara mengetahui terkena saraf terjepit atau tidak?


CumaTips - dr.Ayu Wulandari menjelaskan cara untuk mengetahui terkena saraf terjepit atau tidak dengan berkonsultasi pada dokter ahlinya. Beberapa pemeriksaan baik fisik maupun penunjang diperlukan untuk menegakkan diagnosis saraf terjepit. 

Pada pemeriksaan kasus lumbal/punggung diperoleh hasil positif dari tes Laseque (terdapat rasa sakit/tahanan  pada sudut <70° bila tungkai kaki diangkat lurus ke atas) dan Kerniq (terdapat tahanan dan rasa nyeri sebelum mencapai sudut 135° bila salah satu paha di fleksikan 90° dan tungkai bawah diekstensikan pada persendian lutut). 

Melainkan pada pemeriksaan kasus cervical/leher diperoleh adanya peningkatan refleks pada lutut dan kaki, perubahan cara berjalan yang menggambarkan kekakuan gerakan hingga gangguan keseimbangan, hilangnya sensitifitas dari tangan dan/atau kaki, dan beberapa pasien mengalami kesulitan mengkancingkan baju atau kesulitan dalam merubah posisi kaki.

Selanjutnya perlu dilakukan pemeriksaan MRI (Magnetic Resonance Imaging) yang dapat menunjukkan penyempitan dan penekanan terhadap saraf. Dalam kasus ini MRI lebih baik daripada pemeriksaan X-Ray. (cumamedan/rls/may)

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Bagaimana cara mengetahui terkena saraf terjepit atau tidak? Rating: 5 Reviewed By: Cuma Medan